Senin, 20 Desember 2010

Kentang Ayam Tumis

Assalamu 'Alaykum.

Pembaca sekalian, sebenarnya saya tidak pintar masak, yang saya tahu hanya masakan standar, dengan bumbu dasar saja. Waktu sebelum menikah, duniaku hanyalah kampus, kamar, kajian (3k), pergi pagi pulang sore, waktu libur hari Ahad pun saya pakai untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah, ataw mengikuti kajian-kajian keislaman di kampus, entah sebagai pesertanya saja atau merangkap sebagai panitia acara.
Setelah menikah barulah saya mulai belajar, dan mulai hobi memasak berbagai jenis masakan dengan penggunaan bumbu-bumbu yang bervariasi. Ala Bisa Karena Biasa. Prinsipnya makanan itu harus sehat, dan tentunya enak di lidah keluarga kecil kami. Saya memposting resep-resep makanan di blog ini salah satu adalah sebagai motivasi tersendiri bagi saya, agar pandai memasak, dan untuk saling share juga.



Untuk postingan pertama ini saya akan menampilkan resep makanan yang bahan dasarnya sangat digemari oleh zaujiy (suami), yaitu kentang.



KENTANG AYAM TUMIS

BAHAN:

  • ½ cup Daging ayam cincang/giling
  • 6 buah Kentang, potong empat bagian, (kalau suka bisa digoreng dulu)
  • 3 siung bawang putih, geprek
  • Bumbu halus : 4 siung bawang merah, 2 cabe merah besar, ½ sdt ketumbar, ¼ sdt pala bubuk.

CARA MEMBUAT

  1. Tumis bumbu halus, masukkan bawang putih yang telah digeprek dan aduk hingga harum. Tambahkan gula pasir, garam, aduk rata.
  2. Masukkan ayam dan tambahkan sedikit air, masak hingga ayam matang, jika airnya mulai mengering sedangkan ayamnya belum matang, tambahkan lagi air.
  3. Masukkan kentang, aduk rata. Biarkan hingga kentang empuk.
  4. Angkat dan taburi bawang goreng, bila suka. Sajikan hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar